Wednesday, 29 June 2016

Batu Meteor Satam Belitung

Batu Meteor Satam Belitung

Batu Meteor Satam Belitung

Pernah Anda mendengar Batu Meteor yang ada di Pulau Belitung ? Jika Belum pernah,melalui posting berjudul Batu Meteor Satam Belitung,saya mencoba mengulasnya agar kalian lebih mengenalnya.

Jangan anda bayangkan Pulau Belitung hanyalah sebagai Daerah Wisata saja.Jauh sebelum wisata berkembang,pulau kecil ini sudah terkenal akan dunia Pertambangan,dengan hasil utamanya adalah Biji Timah.

Menurut informasi yang saya dapatkan,beberapa tahun silam,para penambang timah yang berada di Desa Buding,kecamatan Kelapa kampit secara tidak sengaja menemukan sebuah batu unik berwarna hitam,yang kemudian setelah melalui proses penelitian,batu tersebut adalah Batu Meteor yang saat ini dinamakan Batu Satam oleh masyarakat Belitung.

Konon nama Satam,dinamai oleh penambang timah beretnis cina yang pertama kali menenemukan nya.Namanya berasal dari dua kata yaitu SA yang berarti PASIR dan Tam berarti EMPEDU.Jika SATAM memiliki arti EMPEDU PASIR.Sedangkan Nama lainnya adalah BILLITONITE yang berati batu dari Belitung.Nama ini dinamai oleh peneliti asal Belanda yaitu Ir.N.Wing Easton.

Lantas darimana Satam iniĀ  berasal ?Menurut peneliti batu satam berasal dari Batu Meteor yang terbakar/pecah di angkasa yang kemudian jatuh ke bumi dan mengendap jutaan tahun lamanya.Menurut pendapat banyak orang,di percaya batu ini HANYA ADA DI PULAU BELITUNG.

Batu Meteor ini,memiliki ciri-ciri berbentuk fisik bulat,lonjong,dan ada pula yang berbentuk tak beraturan atau dalam bentuk sudah pecah/terbelah yang sering di sebut dengan suiseki.Ciri khas batu ini adalah pada permukaan batu memiliki goretan yang terukir secara alami,tergesek melalui arus air di bawah tanah pada lapisan tanah dengan kedalaman kurang lebih 50 meter.

Nah,apakah istimewa dan keguanaan Batu Satam ? Atas kenuikan dan kelangkaannya,batu ini sering dijadikan sebagai batu perhiasan kalung,cinncin,bahkan sebagai pelengkap tongkat komando.Selain itu,sebagian masyarakat Belitung,menganggap batu ini mempunyai unsur magic dan di percaya bisa digunakan sebagai penawar racun.

Diatas sudah saya paparkan,bahwa Batu Satam Belitung adalah batu meteor yang terbakar/pecah dan jatuh kebumi.Jadi sudah pasti keberadaan nya tidak mudah untuk di temukan.Biasanya batu ini di temukan oleh para pekerja tambang secara tidak sengaja saat melakukan aktifitas tambangnya.Jadi sudah kita ketahui,bahwa untuk menemukan batu satam adalah faktor keberuntungan saja.

Nah,sekarang bagaimana jika anda ingin memilikinya ? rasanya tidak mungkin jika anda harus melakukan proses penambangan,untuk sengaja mencari batu satam ini.Karena biaya operasioanalnya yang cukup besar.

Anda jangan khawatir,saat ini batu satam sudah banyak dijual di toko oleh oleh khas belitung,sehingga anda akan mudah menemukan dan memilikinya.Harganya mulai dari ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.Soal harga,saya rasa sesuai,mengingat batu unik ini cukup langkah untuk di temui.

Namun bagaimana bagi anda yang ingin memilikinya dan berada di lua Pulau Beltung ? caranya cukup mudah.Saat ini sudah ada toko online yang secara khusus menjual Batu Satam secara online,silahkan kunjungi alamat berikut http://batusatam.jelajahbelitung.com .Batu yang di jual di toko ini merupakan koleksi pribadi pemiliknya saat masih menjadi seorang penambang timah dan sebagaian merupakan kumpulan dari koleski rekannya.Soal kualitas,jangan diragukan,tentunya asli dan berkualitas.

 

Related Posts to "Batu Meteor Satam Belitung"

Response on "Batu Meteor Satam Belitung"